Manusia dan Manajemen SDM

Manusia merupakan makhluq paling sempurna yang diciptakan oleh Allah swt., memiliki berbagai potensi yang telah dikaruniakan Allah swt. kepada mereka sebagai bekal untuk menjadi khalifah di muka bumi. Adapun di antara sekian banyak potensi yang dimiliki oleh manusia, maka hati nurani, akal, dan emosi (nafsu) memiliki peranan yang sangat besar dalam menentukan kualitas manusia tersebut. Mengenai hakikat manusia menurut Al-Qur’an dapat dibaca pada link berikut: Hakikat Manusia dalam Al-Qur’an.

Manusia memiliki berbagai pemikiran dan pemahaman yang berbeda, watak yang berbeda, berbagai bahasa, warna kulit, suku bangsa, dsb. yang kesemua itu Allah swt. ciptakan agar manusia saling mengenal satu sama lain. Selain itu manusia merupakan makhluq sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam berbagai bidang kehidupan, baik dalam keluarga, perusahaan, masyarakat, berbangsa dan bernegara, juga sebagai umat beragama, manusia mengenal berbagai peraturan dan adab yang akan membuat kehidupan manusia itu sendiri menjadi lebih baik.

Hal inilah yang kemudian lebih dikenal sebagai Manajemen Sumber Daya Manusia, yang secara umum dapat dipahami bahwa manusia pun memerlukan fungsi-fungsi manajemen dalam menjalani kehidupannya. Fungsi-fungsi ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan (evaluasi).

Dalam kehidupan sehari-hari pun kita sering melakukan proses manajemen, baik kita sadari maupun tidak. Misalnya ketika membuat agenda kegiatan harian, jadwal rutinitas, merencanakan suatu perayaan, keterlibatan dalam organisasi sekolah atau kampus, dan organisasi masyarakat.

Namun dalam konteks MSDM yang saya pelajari selama duduk di bangku kuliah, MSDM dalam hal ini lebih memfokuskan pada pengelolaan SDM dalam suatu perusahaan. Sebetulnya saya lebih suka untuk menggunakan istilah MSDM dalam arti yang lebih luas. Maka dalam blog ini selain memuat berbagai info mengenai MSDM sebagai mana mestinya, juga akan saya muat berbagai info mengenai MSDM dalam ruang lingkup kehidupan yang lebih luas.

Saya berharap blog ini dapat bermanfaat bagi diri saya dan teman-teman blogger. Semoga kita dapat menjadi manusia-manusia yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s